Perilaku Berkendara Agresif Para Pengguna Kendaraan Bermotor di Kota Malang

Authors

  • Ika Herani Department of Psychology Universitas Brawijaya
  • Anya Khaleda Jauhari Department of Psychology Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.mps.2017.003.02.4

Keywords:

perilaku berkendara agresif

Abstract

This study aims to identify the types of aggressive driving behavior and their causative factors. Survey method was employed in this study. The population of this study was motorized vehicle users (drivers and riders) in the city of Malang, from which we drew 400 drivers and riders as our sample by using purposive sampling technique. Data obtained from this study was then analyzed by applying descriptive and frequency analysis technique. The results showed that the most frequent type of aggressive driving behavior was tailgating in order to prevent others from occupying the space. Furthermore, contributing factors of aggressive driving behavior were traffic density, rushing behavior, some burdersome traffic signs, and other motorized vehicle users who try to occupy their driving territory.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk-bentuk perilaku berkendara agresif beserta faktor yang menjadi pemicunya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei. Populasi penelitian ini adalah para pengguna kendaraan bermotor (pengendara mobil dan sepeda motor) di Kota Malang, dengan jumlah sampel 400 orang. Metode pengambilan data pada penelitian ini adalah teknik purposive sampling. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif dan analisis frekuensi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perilaku berkendara agresif yang dominan terjadi adalah memperkecil jarak kedekatan dengan kendaraan di depannya untuk menghalangi pengendara lain yang akan mengambil jalan. Sementara itu, faktor yang menjadi pemicu terjadinya perilaku berkendara agresif adalah kepadatan lalu lintas, terburu-buru, rambu lalu lintas yang dirasa memberatkan pengendara, dan adanya pengendara lain yang melanggar daerah teritori pengendara tersebut.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dilla, B. (2008). Perbedaan perilaku agresif mengemudi pada pengendara sepeda motor dengan kepribadian tipe A dan B. Skripsi. UIN Syarif Hidayatullah.

Dukes, R. L., Stephanie L. C., Lessie, T. J., Miller, T. L., & Rodgers, S. E. (2001). Effects of aggressive driving and driver characteristics on road rage. The Social Science Journal, 38(2), 323-331.

James, L., & Nahl, D. (2000). Road Rage and Aggressive Driving Steering Clear of Highway Warfare. Amhest, NY: Promothens Books.

Santoso, G. A., Maulina, D., Adystia, C., & Oei, T. P. (2013). The influence of number of passengers and music genre on driving speed of young adult angkot drivers. Journal Transportation Research Part F: Traffic Psychology and Behavior, 18, 1-10.

Mizell, L. B., Joint, M., & Connel, D. (1997). Aggressive Driving: Three Studies. Research Report for the American Automobile Association: Foundation for Traffic Safety. Washington, D.C.: AAA Foundation for Traffic Safety.

Muhaz, M. (2013). Kematangan emosi dengan aggressive driving pada mahasiswa. Jurnal Online Psikologi, 1(2).

Neuman, W. L. (2013). Metode Penelitian Sosial: Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif Edisi Ketujuh. Jakarta: Indeks.

Sofyanida, T., & Yanuvianti, M. (2016). Studi deskriptif mengenai perilaku mengemudi agresif pada mahasiswa pengendara sepeda motor di Kota Bandung. Prosiding Psikologi Seminar Penelitian Sivitas Akademia Unisba, 2, 943-949.

Tasca, L. (2000, October). A review of the literature on aggressive driving research. Paper presented at the Aggressive Driving Issues Conference, Ontario, Canada.

Downloads

Published

27-12-2017

Issue

Section

Articles