Kepemilikan Kartu Pembayaran Elektronik Tidak Memoderasi Gaya Hidup Hedonis Terhadap Perilaku Impulse Buying

Authors

  • Annisa Dwi Juliastuti Universitas Brawijaya
  • Nur Hasanah Universitas Brawijaya
  • Faizah Faizah Universitas Brawijaya

DOI:

https://doi.org/10.21776/ub.mps.2016.002.02.1

Keywords:

gaya hidup hedonis, impulse buying, kepemilikan kartu pembayaran elektronik

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya hidup hedonis terhadap perilaku impulse buying dengan kepemilikan kartu pembayaran elektronik sebagai variabel moderasi. Subjek dalam penelitian sebanyak 126 subjek. Teknik pengambilan sampel penelitian ini menggunakan cluster random sampling dan accidental sampling. Hasil analisis data hipotesis pertama menunjukkan nilai (p)=0.06, sedangkan hipotesis kedua nilai (p)=0.000. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemilikan kartu pembayaran elektronik tidak memoderasi pengaruh gaya hidup hedonis terhadap perilaku impulse buying, namun sebaliknya gaya hidup hedonis berpengaruh positif terhadap perilaku impulse buying. Semakin tinggi gaya hidup hedonis, maka semakin tinggi pula perilaku impulse buying. Begitu pula sebaliknya, semakin rendah gaya hidup hedonis, maka semakin rendah pula perilaku impulse buying.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Annisa Dwi Juliastuti, Universitas Brawijaya

Department of Psychology

Nur Hasanah, Universitas Brawijaya

Department of Psychology

Faizah Faizah, Universitas Brawijaya

Department of Psychology

References

Anjani, N. L. G. G. (2012). Pengaruh fashion involvement, emosi positif, dan hedonic consumption tendency terhadap pembelian impulsif di department store. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Atmajaya Yogyakarta.

Assael, H. (2001). Consumer Behavior 6th Edition. New York: Thomson-Learning.

Bong, S. (2011). Pengaruh in-store stimuli terhadap impulse buying behavior pada konsumen hypermarket di Jakarta. Skripsi. Jakarta: Universitas Multimedia Nusantara.

Departemen Kebijakan dan Pengawasan Sistem Pembayaran. (2014). Data nominal transaksi, volume transaksi, dan jumlah instrumen kartu debet/ATM, kartu kredit, dan e-money. Jakarta: Bank Indonesia.

Engel, J. F., Blackwell, R. D., & Miniard, D. W. (1993). Perilaku Konsumen Edisi 6 Jilid 1. Terjemahan oleh F.X. Budiyanto. Jakarta: Binarupa Aksara.

Hayes, A. F. (2013). Introduction to Mediation, Moderation, and Conditional Process Modeling. London: The Guilford Press.

Kharis, I. F. (2011). Studi mengenai impulse buying dalam penjualan online. Skripsi. Semarang: Universitas Diponegoro.

Kotler, P. & Amstrong, G. (2006). Principles of Marketing Tenth Edition. New Jersey: Pearson Prentice Hall.

Lipis, A. H., Marrschall, T. R. & Linker, J. H. (1992). Perbankan Elektronik (Electronic Banking). Terjemahan oleh A. H. Ali. Jakarta: PT Rineke Cipta.

Manek, N. S. (2014). Pengaruh credit card, window display, discount, dan free product terhadap perilaku impulsive buying di Matahari Departement Store Tunjungan Plaza Surabaya. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 3(2).

Naentiana, P. V. & Setiawan, P. V. (2014). Peran positive emotion dalam memediasi pengaruh hedonic shopping value terhadap impulse buying. Skripsi. Bali: Universitas Udayana.

Park, E. J., Eun, Y. K., & Judith, C. F. (2006). A structural model of fashion-oriented impulse buying behavior. Journal of Fashion Marketing and Management, 10(4).

Santomero, A. M. & Seater, J. J. (1996). Alternative monies and the demand for media of exchange. Journal of Money, Credit, and Banking.

Santrock, J. W. (2002). Life-Span Development: Perkembangan Masa Hidup (Edisi Kelima). Jakarta: Erlangga.

Sholihah, N. A. & Kuswardani, I. (2010). Hubungan antara gaya hidup hedonis dan konformitas teman sebaya dengan perilaku konsumtif terhadap ponsel pada remaja. Jurnal Universitas Setia Budi.

Suratno, A. & Rismiati, S. (2001). Pola Hidup pada Lansia. Jakarta: Erlangga.

Verplanken, B. & Herabadi, A. (2001). Individual differences in impulse buying tendency: feeling and no thinking. European Journal of Personality.

Yistiani, N. Y. M., Yasa, N. Y. K., & Suasana, I. G. A. (2012). Pengaruh atmosfer gerai dan pelayanan ritel terhadap nilai hedonik dan pembelian impulsif pelanggan Matahari Departement Store Duta Plaza di Denpasar. Jurnal Manajemen, Strategi Bisnis, dan Kewiraushaan, 6.

Disperdagin. (2014, 13 April). Diakses pada 16 Februari, 2016, http://disperdagin. surabaya.go.id/web/index.php/daftar-pusat-perbelanjaan-di-surabaya.

Downloads

Published

14-02-2017

Issue

Section

Articles