Information for Reviewer
User
Language
Visitor Statistics
 

Mediapsi Visitor Statistics

Notifications

Wake Up and Make Up: Efek Kosmetik Wajah dan Waktu Pemaparan Terhadap Attractiveness

Rr Dea Febrinda Herasafitri, Unita Werdi Rahajeng, Thoyyibatus Sarirah
  Mediapsi, Vol 2, No 2 (2016),  30-37  

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) apakah terdapat pengaruh penggunaan kosmetik wajah terhadap attractiveness, (2) apakah terdapat pengaruh penggunaan waktu pemaparan terhadap attractiveness, dan (3) apakah terdapat pengaruh interaksi penggunaan kosmetik wajah dan waktu pemaparan terhadap attractiveness, dalam jangka waktu pengamatan selama 0.25 detik dan tanpa batas waktu pemaparan. Penelitian ini melibatkan 43 orang partisipan, yaitu mahasiswa angkatan 2014-2015 Prodi Psikologi, Universitas Brawijaya, Malang. Pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan bantuan aplikasi PsychoPy dengan menggunakan 7 point slider scale untuk penilaian attractiveness, yang memiliki rentang mulai dari skala 1 (sama sekali tidak) hingga skala 7 (sangat). Analisis penelitian ini menggunakan teknik univariate analysis of variance. Hasil penelitian ini menyatakan bahwa terdapat pengaruh penggunaan kosmetik wajah terhadap attractiveness (p=0.000), terdapat pengaruh penggunaan waktu pemaparan terhadap attractiveness (p=0.001), dan tidak terdapat pengaruh interaksi penggunaan kosmetik wajah dan waktu pemaparan terhadap attractiveness (p=0.158).


Keywords


attractiveness; kosmetik; waktu pemaparan

Full Text:

PDF

References


Etcoff, N. L., Stock, S., Haley, L. E., Vickery, S. A., & House, D. M. (2011). Cosmetics as a feature of the extended human phenotype: Modulation of the perception of biologically important facial signals. PLoS ONE, 6(10).

Hogg, M. A., & Vaughan, G. M. (2002). Social Psychology (Third Edition). Upper Saddle River: Prentice Hall.

Kartono, I. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi penggunaan make up pada perempuan emerging adulthood. Jurnal Ilmiah Psikologi, 3(1), 1-10.

Korichi, R., Pelle-de-Queral, D., Gazano, G., & Aubert, A. (2008). Why women use makeup: Implication of psychological traits in makeup function. Journal of Cosmetic Science, 59(2), 127-137.

Myers, D. G. (2007). Exploring social Psychology (Fourth Edition). New York: McGraw Hill International.

Narang, D. (2013). The psychological factors that affect makeup usage and the perception of makeup in different situations. Proceedings of The National Conference On Undergraduate Research (NCUR) University of Wisconsin La Crosse, 915-918.

Nash, R., Fieldman, G., & Hussey, T. (2006). Cosmetics: They influence more than caucasian female facial attractiveness. Journal of applied social psychology, 36(2), 493–504.

Rostamailis. (2005). Penggunaan Kosmetik, Dasar Kecantikan, dan Berbusana yang Serasi. Jakarta: Rineka Cipta.

Stephan, C. W., & Stephan, W. G. (1985). Two Social Psychology. Chicago: The Dorsey Press.

Sussman, A. B., Petkova, K., & Todorov. A. (2013). Competence ratings in US predict presidential election outcomes in Bulgaria. Journal of Experimental Social Psychology, 49, 771-775.

Taylor, S. E., Peplau, L. A., & Sears, D. O. (2009). Psikologi Sosial (Edisi Kedua belas). Jakarta: Kencana.

Tranggono, R. I., & Latifah, F. (2007) Buku Pegangan Ilmu Pengetahuan Kosmetik. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Wardani, E., & Hastjarja, D. (2013). Pengaruh facial image, cosmetic usage pada brand personality dan brand attitude (studi pada mahasiswi Universitas Sebelas Maret Surakarta). Fokus Manajerial, 12, (1), 41–57.

Willis, J., & Todorov, A. (2006). First impressions: Making up your mind after a 100-ms exposure to a face. Psychological Science, 17(7), 592-598.

Yuwanto, L. (2010). Fungsi make up dari tinjauan psikologi. http://www.ubaya.ac. id/2014/content/articles_detail/12/Fungsi-Make--up-dari-Tinjauan-Psikologi. html.




DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.mps.2016.002.02.5

Copyright (c) 2016 MEDIAPSI

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.