Article Tools
Email this article (Login required)
Email the author (Login required)
About The Authors

Sandi Saputra
Universitas PGRI Madiun
Indonesia

Department of Primary School Teacher Education

Ririn Dewi Lestari
Universitas PGRI Madiun
Indonesia

Department of Primary School Teacher Education

Milasari Milasari
Universitas PGRI Madiun
Indonesia

Department of Primary School Teacher Education

Octarina Hidayatus Sholikhah
Universitas PGRI Madiun
Indonesia

Department of Primary School Teacher Education

User
Information for Reviewer
Journal Index
Visitor Statistic
Journal Content

Browse
Notifications

Analisis Karakter Remaja Gaul pada Hedonisme Vlog

Sandi Saputra, Ririn Dewi Lestari, Milasari Milasari, Octarina Hidayatus Sholikhah
  Mediapsi, Vol 3, No 1 (2017),  26-33  

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakter yang ingin ditunjukkan oleh remaja gaul pada hedonisme vlog. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif dengan metode analisis isi. Sumber data yang digunakan berupa lima vlog remaja hedonisme yang memiliki viewer terbanyak. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik catat. Keabsahan data penelitian menggunakan triangulasi peneliti, yaitu dilakukan dengan menggunakan tiga orang peneliti dalam pengumpulan dan analisis data. Teknik analisis data menggunakan model analisis mengalir, yang meliputi tiga komponen, yaitu (1) reduksi data; (2) penyajian data; dan (3) penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakter-karakter yang dominan dimunculkan oleh remaja gaul pada hedonisme vlog berupa karakter ketidaksopanan, boros, sombong, dan percaya diri.


Keywords


hedonism; karakter; remaja; vlog

Full Text:

PDF

References


Ali, M., & Asrori, M. (2005). Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Bumi Aksara.

Anugrahpati, R. D. S. (2014). Gaya hidup shopaholic Sebagai bentuk perilaku konsumtif pada kalangan mahasiswa. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Yogyakarta.

Asri, D. N., & Anggriana, T. M.. (2014). Perkembangan Peserta Didik. Madiun: IKIP PGRI Madiun.

Feirst, J., & Feirst, G. J. (2012). Teori Kepribadian. Terjemahan oleh Hardianto. Jakarta: Salemba Humanika.

Hurlock, E. B. (1999). Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Terjemahan oleh Istiwidayanti & Sudjarno. Jakarta: Erlangga.

Kunto, A. A. (1999). Remaja Tentang Hedonisme: Kecil Bahagia, Muda Foya-Foya, Tua Kaya Raya, Mati Masuk Surga. Yogyakarta: Kanisius

Lickona, T. (2013) Educating for Character: Mendidik untuk Membentuk Karakter. Terjemahan oleh Juma. Jakarta: Bumi Aksara.

Majid, A. (2012). Pendidikan Karakter Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution, I. K. (2007). Stress pada remaja. Skripsi. Fakultas Kedokteran. Universitas Sumatera Utara Medan.

Nurvitria, A. L. (2015). Pengaruh gaya hidup hedonis terhadap perilaku pembelian impulsif pada mahasiswa. Skripsi. Fakultas Ilmu Pendidikan UNY Yogyakarta.

Sarwono, S. W. (2012). Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sari, R. K. (2016). Kecenderungan perilaku compulsive buying (pembelian kompulsif) pada masa remaja akhir di Samarinda. Psikoborneo, 4(3) , 612-620.

Sihotang, A. (2009). Hubungan antara konformitas terhadap kelompok teman sebaya dengan pembelian impulsif pada remaja. Tesis. Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro Semarang.

Wagner. (2009). Gaya hidup “shopping mall” sebagai bentuk perilaku konsumtif pada remaja di perkotaan. Skripsi. Fakultas Ekologi Manusia IPB Bogor.

Wibowo, A. (2013). Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.21776/ub.mps.2017.003.01.4

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.